Berbisnis Karena Passion

Berawal dari passion, saya memulai profesi sebagai penulis lepas di sejumlah penerbitan nasional.  Seiring dengan perkembangan kebutuhan jasa penulisan, saya mengemas profesi ini menjadi bisnis.  Bisnis saya ini bertujuan sebagai wadah bagi penulis lain untuk lebih produktif dalam menulis, melalui proyek penulisan yang diminta oleh para penerbit.

Perusahaan ini saya namai Indscript Creative.  “Ind” berasal dari nama depan saya : Indari dan “Script” berarti tulisan.   

IndscriptCreative terus berkembang dengan sangat pesat.  Bertambahnya klien-klien yang terus disebabkan kekuatan word of mouth dari satu klien ke klien yang lainnya.

Di tahun 2009, tepatnya 2 tahun setelah Indscript Creative berdiri, agensi-agensi naskah di Indonesia mulai bermunculan, namun Indscript Creative terus menjadi trendsetter. Jumlah klien serta buku yang diproduksi terus bertambah.

Bisnis yang tidak biasa ini membawa saya sebagai penerima penghargaan Perempuan Inspiratif Nova 2010 dan juga pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2011, sebuah kompetisi bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri.

Penghargaan demi penghargaan terus saya terima di tahun-tahun berikutnya dengan mengusung bisnis saya ini.  Diantaranya Kartini Awards versi Surabaya Plaza Hotel 2012, Wanita Wirausaha Femina 2012, Kartini Next Generation 2012, Kartini Awards 2012.

Banyaknya pencapaian bukan berarti bisnis saya tidak mengalami up and down.  Seperti bisnis pada umumnya, Indscript Creative pernah mengalami masa-masa sulit.  Saya tidak menyerah.  Saya berusaha melakukan penyempurnaan di bidang manajemen dan kualitas pelayanan. Mengepakan sayap lebih luas dari agensi naskah ke personal branding agency dan training center. Kini, Indscript memantapkan diri di dua lini besar yaitu Indscript Copywriting dan Training Center.


Selain itu strategi pemasaran secara online serta pendalaman skill sumber daya manusia yang terlibat melalui berbagai pelatihan pun secara terus menerus dijalankan oleh Indscript Creative.  Indscript memang berhasil melewati masa surutnya.  Namun saya tidak boleh terlena.  Saya harus tetap bergerak dan berinovasi. Karena bisnis itu tidak boleh stagnan.  Inovasi adalah syarat mutlak dalam berbisnis.  Inovasi yang berkesinambungan dari sebuah bisnis akan membantu bisnis tersebut untuk terus bertahan dan semakin perkembang pesat.

No comments:

Post a Comment